Friday, September 19, 2014

OC500RF 2542 at IIMS 2014

Tanggal 18 September kemarin baru saja IIMS 2014 resmi dibuka. Karena ditawari temen 1 tiket undangan VIP, datanglah TS kesana :v. Seperti biasa, TS kesana cuma liat bisnya aja. Tahun lalu TS ke IIMS 2013 yang pada saat itu karoseri Laksana memamerkan All New Legacy Sky "They are All New Legacy Sky SR-1 NOT SR-2".

Adi Putro Jetbus 2 HD Setra | Pict by @khie99

Di IIMS 2014 ini, karoseri Adi Putro memamerkan desain anyarnya Setra Jetbus 2 HD, ehh apa All New Setra ya(?) yang dibangun diatas chassis Mercy 2542. Unit tersebut terkonfirmasi milik sebuah PO parwis, yakni
PO. Marissa Holiday. Sebelumnya sudah ada sasis tipe OC 500 RF 2542 yang sudah beroperasi, yakni milik Kurnia yang "berbaju" Jetbus2 basic New Travego.

Ini dia berita tentang sasis tipe OC 500 RF 2542 yang baru diresmikan kemarin.
Jakarta, KompasOtomotif – Mercedes-Benz meluncurkan sasis baru tipe OC 500 RF 2542 untuk bus di IIMS 2014, Kamis (18/9/2014). Dengan panjang mencapai 13,5 meter dan dilengkapi tiga poros roda, membuatnya menyandang predikat sebagai sasis bus pribadi terpanjang di pasar kendaraan komersial Indonesia.

Olaf Peterson, Director of Sales Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengatakan, dengan panjang yang bertambah, kapasitas penumpang juga dipastikan bertambah. ”Akan ada tambahan dua row di belakang. Sasis ini akan memberikan pengalaman baru bagi penumpang bus dalam berwisata,” ujar Peterson.

Untuk mendukung kelebihan itu, mesin ditawarkan lebih baik, 6-silinder vertikal segaris, 12 liter, injeksi langsung, dengan turbo dan intercooler. Jantung pacu itu berpadu dengan transmisi otomatis 12-percepatan yang akan memudahkan pengemudi mengoperasikan kendaaan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 422 tk @1.900 rpm dan torsi "jumbo" 1.900 Nm di putaran rendah.

Canggih
Kombinasi tersebut diklaim menjanjikan akselerasi cepat dan pergeseran transmisi otomatis yang halus. Ini akan menjanjikan kenyamanan untuk setiap penumpang. Konsumsi bahan bakar juga diklaim jauh lebih irit, berkat rem cakram khusus dan sistem yang terintegrasi di dalamnya, mampu menghentikan pasokan bahan bakar saat tidak dibutuhkan.

Sektor lain yang juga diperhatikan adalah keamanan. Sasis baru ini sudah dilengkapi fitur keamanan yang memadai seperti Electronic Braking System (EBS), ABS, Acceleration Skid System (ASR), dan Electronic Stability Program (ESP). Semua teknologi itu berpadu agar bus tak mudah selip meski melaju kencang di jalanan licin dan berkelok

”Pertumbuhan pasar kendaraan komersial didukung dengan pertumbuhan dunia pariwisata, yang membutuhkan bus yang memiliki performa mesin tangguh, teknologi, sekaligus efisien dan aman. Kebutuhan itu dipenuhi oleh sasis OC 500 RF 2542,” tegas Peterson.

Harga yang dipatok adalah Rp 1,5 miliar. MBI sudah bisa menerima pemesanan sasis bus istimewa ini, berapa pun jumlahnya. Sumber
Bodi Setra Jetbus 2 HD ini hanya diperuntukkan hanya untuk sasis MB OC500RF OH 2542 aja. Oiya, bodi Setra Jetbus 2 HD mengadopsi model bodi Setra Top Class. Berikut ini beberapa pict yang sempat TS ambil:

Setir dan Panel Mercy 2542
Dashboard dan setir yang dihiasi dengan ornamen kayu. Dengan adanya ornamen kayu, menjadi berkesan elegant.

Kabin Jetbus 2 HD Setra
Jetbus2 Setra menggunakan seat elektrik. Seat elektrik tersebut buatan Alldila. Interior didominasi warna merah maroon dan hitam yg sesuai dengan livery khasnya PO. Marissa Holiday. Konfigurasi seat dengan 1 di kiri dan 2 di kanan.

LCD
Dilengkapi dangan LCD atau Audio Video on Demand dibalik setiap seat-nya membuat penumpang lebih leluasa untuk memilih hiburan apa yang diinginkan.

Pict by @BismaniaOrg
Setiap seatnya dilengkapi dengan port USB untuk men-charge smartphone. Jadi ga perlu khawatir smartphonenya kehabisan daya.

Dilengkapi dengan meja
Terdapat 2 meja di kabin. Tapi menurut TS mejanya ada kekurangannya, yaitu tidak adanya "cup holder". Dengan adanya "cup holder", cangkir atau gelas tidak mudah terguncang dan minumannya tidak tumpah.

Kandang Macan
Untuk memberikan fasilitas lebih, dilengkapi juga dengan coffee maker yang letaknya di "kandang macan".

Pilar B Tampak dari Dalam
Sebelumnya TS kira pilarnya bakal timbul dan motong kaca didalam juga, yang kayak setra selendang gitu...eh ternyata kacanya rata :v

Sisi Belakang Samping pada Malam Hari
Belakangnya udah full LED.
Eh tapi TS masih ga tau itu lampu merah yang lagi nyala pake LED atau bukan..

***UPDATE***

Ternyata 2542 tersebut sekarang berlivery Pandawa 87, yaitu PO parwis baru asal Pasuruan. Entah gimana ceritanya info sebelumnya yang TS dapat bis tersebut milik PO. Marissa Holiday kini menjadi milik Pandawa 87. Tapi setelah TS stalking di twitland, bis tersebut sistemnya lelang dan yang menang Pandawa 87 itu.

Jetbus HD 2 Setra 2542 PO. PANDAWA 87 | Pict by @Fandyyw

Mercy 2542 PO. Pandawa 87 | source

Sebagai penutup TS sajikan yg bening-bening:

Pict by @sukafotobis

Pict by me

Pict by tribunnews

BONUS :))

Laksana All New Legacy SR-1 Milik IPOMI


Referensi:
@BismaniaOrg dan @sukafotobis
https://twitter.com/BismaniaOrg/status/516857468622602240
https://twitter.com/SukaFotoBis/status/512607935382319104/photo/1
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment