Sunday, June 10, 2018

Naik Bus Semakin Mudah dengan Tiket Online

Sebelumnya TS pernah membahas soal PO yang telah membuka layanan tiket online yang dikelola melalui website internal mereka. Kini sudah ada sejumlah portal tiket online baik lokal maupun mancanegara yang menyasar ranah per-bis-an dengan menyediakan layanan booking tiket bus online. Bagi kalian yang tidak ingin repot membeli ke agen penjualan tiket bus atau ingin menghindari calo, sejumlah situs berikut bisa kalian coba:

1. Easybook

Mengklaim sebagai layanan pemesanan bus online terbesar di Asia Tenggara, startup asal Singapura ini memasuki Indonesia pada awal 2014. Melalui situs ini, pengguna bisa memesan tiket bus yang disediakan oleh 25 operator bus yang telah bekerja sama dengan Easybook.

Situs ini bisa dibilang menyediakan filter pemesanan yang lengkap. Pengguna bisa menentukan jenis pemesanan PP atau sekali jalan, memasukkan kota keberangkatan, kota tujuan, serta tanggal keberangkatan, memilih operator bus, dan jumlah penumpang.

Terkait pembayaran, Easybook menyediakan berbagai metode mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga membayar lewat Alfamart. Selain bus, Easybook juga melayani pemesanan tiket untuk kapal Ferry, paket tur, dan sewa mobil. Link website-nya yaitu easybook.com.

2. Bosbis

BosBis bisa dibilang merupakan pemain paling baru di daftar ini. Situs ini mulai diluncurkan ke publik awal September lalu. Sebagai sister company dari situs streaming film Nonton, BosBis menyediakan layanan hiburan yang diklaim bisa dinikmati secara gratis dan legal bernama Bosbis On Board Entertainment (BOB). Layanan ini dinilai menjadi salah satu nilai lebih yang ditawarkan BosBis dibanding kompetitornya.

Cara pemesanan dan metode pembayaran BosBis terbilang sama dengan dua pemain lain di daftar ini. Sama seperti Easybook, BosBis juga telah bekerja sama dengan convenience store seperti Alfamart dan Indomaret serta menyediakan fitur pembatalan tiket seperti yang ditawarkan. Link website yaitu bosbis.com atau unduh aplikasi Bosbis di Google Play.

3. Redbus

Redbus berdiri sejak tahun 2006 dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 2016. Sebelumnya sudah diperkenalkan lebih dulu di beberapa negara Asia seperti Singapura, Malaysia, dan India. Redbus sudah bekerja sama dengan sekitar 2300 PO bus dan aplikasinya sudah diunduh di hampir 10 juta perangkat di seluruh dunia.

Beberapa operator yang sudah bekerja sama dengan redBus adalah: Kramat Djati, PO San, Day Trans, Pahala Kencana, Gunung Harta, Rama Sakti dan masih banyak lagi. Bagi pembaca yang baru akan menggunakan Redbus, bisa menggunakan kode REDB2H5L8 untuk mendapatkan 40000 poin. Link website-nya yaitu redbus.id atau unduh aplikasi Redbus di Google Play.

Berikut ini cerita pengalaman TS menggunakan Redbus untuk beli tiket Nusantara

4. Bustiket

Bustiket.com adalah penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) yang pertama dan terpercaya di Indonesia. Dirilis sejak awal 2015, bustiket.com memberikan layanan rute perjalanan ke berbagai kota di pulau Jawa, Sumatera, Bali, Madura, dan Kalimantan dalam waktu dekat. Saat ini sudah tersedia puluhan operator jasa transportasi darat baik Perusahaan Otobus (PO), shuttle dan travel.

Bustiket.com menyediakan berbagai informasi dalam hal jadwal keberangkatan semua rute bus perharinya, beragam pilihan bus, waktu tempuh, fasilitas, harga tiket, dan nomor kursi yang dapat di pilih melalui situs ini. Link website-nya yaitu bustiket.com.

5. Traveloka

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang yang memiliki basis operasional di Jakarta. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Pada bulan November 2012 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi tahap awal oleh East Venture. Pada bulan September 2013 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi seri A oleh Global Founders Capital. Dana dari investasi digunakan untuk membangun layanan baru seperti pemesanan hotel dan paket wisata. Para pendiri Traveloka adalah para praktisi teknologi informasi yang kembali dari Amerika Serikat ke Indonesia.

Setelah "bermain" di reservasi tiket pesawat, kereta dan hotel, kini sejak 16 Maret 2018 sudah terlihat fitur baru pada mobile app versi V2.21.1 atau lebih terbaru yaitu pemesanan tiket bus. Sudah ada beberapa PO dengan keberangkatan dan tujuan terntu yang (sepertinya) tiketnya sudah bisa dipesan melalui app ini. Sejak Desember 2018, pemesanan tiket bus kini sudah bisa melalui website traveloka.com/tiket-bus-travel/.

UPDATE

6. Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Saat ini Bukalapak gak cuma melayani jual-beli barang C2C, tapi juga melayani transaksi e-voucher & tiket dan lainnya.

Informasi soal Bukalapak yang menambah fitur pembelian tiket bus diumumkan di bukalapak.com/blog pada 3 September 2018. Membeli tiket bus di Bukalapak bisa memilih aneka metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan, seperti transfer bank, kartu kredit, bayar di minimarket dan opsi lainnya.

Untuk sementara ini sih fitur pembelian tiket bus online hanya bisa diakses di desktop web bukalapak.com/tiket-bus



Sumber, Sumber 2


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment