Tuesday, October 3, 2017

Sleeper Bus di Indonesia yang Ternyata Masih Eksis. Bahkan Terus Bermunculan

Masih ingat sleeper bus yang dulu sempat menghebohkan dunia transportasi darat?

Inovasi dari bus tersebut mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat, namun sayangnya bus yang melayani kelas tersebut sudah tidak beroperasi karena masalah administrasi.

Tapi tunggu.. Ternyata bus yang menyediakan kelas dengan tempat tidur masih ada lho dan menggunakan unit baru. Tapi bus tersebut tidak diisi full tempat tidur. Sebagian lagi diisi kursi biasa, jadi sebut saja Semi Sleeper Bus.

PO apa aja sih yang tergolong semi sleeper bus...

1. Putra Jaya

Eksterior PO. Putra Jaya bodi S-Liner. Sumber.

PO asal Sulawesi Selatan ini di-label-i oleh sang owner dengan nama Vicolux, yang diambil dari Vicky-Oliva Luxury (nama Vicky dan istrinya). PO ini menyediakan kelas Luxury, dimana penumpang dapat merebahkan badannya. Kelas Luxury ini hanya berkapasaitas 4 penumpang dengan fasilitas Auidio Video on Demand, bantal dan guling. Bus ini dibangun di atas chassis Scania K410 dengan Karoseri Rahayu Santosa model S-Liner. Letak kelas Luxury ini ada di paling belakang, Gan. Karena baris depannya diisi seat reguler. Tampilan interiornya terbilang cukup mewah. PO ini melayani trayek Makassar - Palopo dengan tarif sekitar Rp 400.000.
Interior kelas Luxury Putra Jaya. Sumber.

Interior kelas Luxury Putra Jaya. Sumber.

Interior kelas Luxury Putra Jaya. Sumber.

2. Bintang Prima

Eksteror Bintang Prima bodi Jetliner. Sumber gambar
Berikutnya ada Bintang Prima, sama seperti Putra Jaya, PO ini juga berasal dari Sulawesi Selatan. Dalam satu unit sleeper bus, terdapat 8 tempat tidur. Letak kelas tempat tidur ini ada di paling belakang, karena baris depannya diisi seat reguler. Disediakan bantal, guling, selimut dan stopkontak. Sleeper bus ini melayani trayek Makassar - Toraja dengan tarif sekitar Rp 215.000.
Interior sleeper bus Bintang Prima. Sumber gambar

3. Sempati Star

Eksterior Sempati Star bodi Jetbus 2+ SDD. Sumber gambar
Sempati Star yang bermarkas di Medan ini menyediakan kelas sleeper hanya di bus ber-body double decker ber-chassis Mercedes-Benz OH 2542 atau Scania K410 dengan trayek Medan - Banda Aceh. Tapi ga semua unit double decker-nya menyediakan kelas Sleeper.

Umumnya kelas Sleeper posisinya berada di baris paling belakang, tapi yang ini berbeda. Kelas sleeper ini posisinya ada di baris depan, di belakang ruang kemudi. Kelas ini memanfaatkan ruang kosong di atas roda depan. Tempat tidurnya berjumlah 2 dengan disediakan bantal, guling, bed cover dan LCD. Tarifnya sekitar Rp 350.000. Tiket Sempati Star kini bisa dibeli online via platform traveloka.com.

Hmm.. di atas roda, kira-kira sensasinya gimana ya? Kursi biasa yang ada di atas roda biasanya dihindari penumpang karena dianggap memperbesar kemungkinan untuk mabuk darat, apalagi ini ya tidur telentang di atas roda..
Interior sleeper Sempati Star. Sumber gambar

Interior sleeper Sempati Star. Sumber gambar

4. Harapan Jaya

Eksterior Harapan Jaya bodi Jetbus 2+ SDD. Sumber gambar
Harapan Jaya belum lama ini merilis armada terbarunya, double decker ber-chassis Scania K410. Yang menjadi kejutan adalah konfigurasi seat yang ada di dalamnya, cukup antimainstream dikalangannya dan yang lebih mengejutkan lagi, Harapan Jaya ini menyediakan Sleeper Seat. Menjadikannya sebagai double decker pertama yang terdapat sleeper seat di Pulau Jawa. Jumlah Sleeper Seat-nya ada 2 dan posisinya di baris depan lantai bawah, di belakang ruang kemudi, di atas roda juga seperti PO. Sempati Star.
Interior sleeper seat PO Harapan Jaya. Sumber gambar

Khusus untuk penumpang Sleeper Seat mendapat tambahan air mineral 600 ml, permen 2 bungkus, snack berisi roti & makanan ringan, tissue basah, tissue kering 1 pack, teh, kopi, gula, gelas plastik untuk membuat kopi dan sandal bergambar Harapan Jaya. Sleeper Seat melayani trayek Jakarta - Blitar dengan tarif tiket bervariasi mulai dari Rp 435.000 s.d. 490.000, tiketnya bisa beli di Agen Harapan Jaya atau dibeli online via platform redbus.id.
Fasilitas tambahan Sleeper Seat Harapan Jaya. Sumber gambar

UPDATE

5. Borlindo

Eksterior Borlindo bodi Legacy SR2 Double Decker. Sumber gambar
Bus antarkota dengan Sleeper Class bukanlah hal baru di Sulawesi, tapi kali ini ada yang berbeda. Borlindo mempersembahkan Sleeper Class yang ditempatkan di bus double decker, ini adalah hal yang baru di Sulawesi. Memang Borlindo bukanlah yang pertama menggunakan bus double decker di Sulawesi, tapi untuk yang menyediakan Sleeper Class di bus double decker, merekalah yang memulai. Sama seperti Sleeper Class di bus double decker lainnya, penempatannya berada di depan lantai bawah tepatnya di belakang ruang kemudi, memanfaatkan ruang di atas roda depan.

Dikabarkan unit double decker ini akan melayani trayek Makassar - Toraja. Tiket Borlindo bisa dibeli online via website borlindo.com atau aplikasi Borlindo dari Google Play Store.
Interior Sleeper Class Borlindo. Sumber gambar

UPDATE

6. Rosalia Indah

Eksterior Rosalia Indah Jetbus 3+ SDD. Sumber gambar

Tahun 2019 Rosalia Indah (Rosin) meluncurkan unit terbaru dengan unit double decker, seperti double decker pada umumnya bus ini multikelas dan yang pasti ada sleeper class-nya, mereka memberi label First Class Double Decker. Unint double decker Rosin menggunakan bodi Legacy SR2 Double Decker Karoseri Laksana dan Jetbus 3+ SDD Karoseri Adiputro dengan chassis Scania K410.

Fasilitas tambahan yang didapat antara lain LCD, selimut, bantal guling, servis makan yang beda dengan lainnya. Untuk tahu detail jalan trayek mana dan tarifnya berapa bisa dicek di website rosalia-indah.co.id/.

Interior First Class Double Decker. Sumber gambar

7. Sinar Jaya

Eksterior Sinar Jaya bodi Legacy SR2 Suites Class. Sumber gambar
Berkat inovasi dari Karoseri Laksana yang berhasil mendesain bus sedemikian rupa, sehingga tanpa perlu menggunakan chassis premium dengan 3 sumbu roda dan bodi model double decker sudah bisa tercipta kelas layanan sleeper class, cukup dengan chassis Hino. Karoseri Laksana menyebut bodi tersebut dengan model Legacy SR2 Suites Class.

Sinar Jaya menjadi PO yang pertama memiliki dan menggunakan bodi Legacy SR2 Suites Class dengan chassis Hino RN285 yang purwarupanya sempat dipamerkan di GIIAS 2019, total jumlah seat-nya sebanyak 21 sleeper seats, default dari Laksana.

Fasilitas yang didapat antara lain Sleeper Seat, Reclining Sleeper Seat, bantal, selimut, service makan malam prasmanan 1x + es teh/teh hangat, full AC, Audio Video On Demand (AVOD) tiap seat + port USB (Suites Class, seat no.2 hingga ke belakang), TV LED & meja lipat (VIP Suites Class, seat 1 ABCD), USB charger tiap seat, lampu baca & lampu tidur tiap seat, gorden penutup seat, tempat botol, safety belt, CCTV, tempat sandal & sepatu (karena sandal atau sepatu harus dilepas), sendal berlabel Sinar Jaya dan toilet

Interior Suites Class Sinar Jaya. Sumber gambar

Sinar Jaya Suites Class ini paten untuk trayek Jakarta - Surabaya, untuk pemesanan tiket bisa menghubungi agen terkait atau online via redbus.id dan traveloka.com baik via website ataupun aplikasi. Untuk tarif peak season Natal dan Tahun Baru 2020 seharga Rp 450.000 untuk VIP Suites Class dan Rp 425.000 untuk Suites Class.

8. New Shantika

Eksterior New Shantika bodi Legacy SR2 Suites Class. Sumber gambar

New Shantika menjadi PO pertama yang memberikan kelas layanan sleeper class untuk trayek Muriaan. Kelas layanan tersebut menggunakan unit model Legacy SR2 Suites Class dengan chassis Hino RN285. Kelas tersebut melayani trayek Jepara - Lebak bulus, BSD, Bitung, Balaraja, Serang, Merak.

Untuk tarif peak season Natal dan Tahun Baru 2020 sebesar Rp 300.000.

Interior Suites Class New Shantika. Sumber gambar

9. Tami Jaya

Eksterior Tami Jaya bodi Legacy SR2 Suites Class. Sumber gambar

Menurut kabar yang beredar, Tami Jaya Suites Class akan jalan reguler trayek Denpasar - Ngawi - Solo - Yogyakarta, dengan begitu maka akan menjadi unit Suites Class pertama yang jalan lintas selat. Sepertinya akan jadi perjalanan yang menarik karena akan melewati berbagai kondisi jalan mulai dari jalan tol hingga hutan.

Saat ini unitnya masih proses finishing di Karoseri Laksana, Ungaran. Kabarnya akan mulai jalan reguler di minggu kedua Januari 2020.


Referensi 1


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment