Wednesday, September 13, 2017

Bus AKAP Ini Menggunakan Kursi yang Beda dari Biasanya

Melakukan perjalanan ke luar kota naik bus AKAP dengan perjalanan 9 jam atau bahkan lebih ada kemungkinan untuk melelahkan. Emang sih sebagai penumpang kerjaannya cuma duduk aja, tapi kalo duduknya berjam-jam badan bisa pegal juga. Ada beberapa PO yang menjual kenyamanan untuk beristirahat dalam perjalanan. Tentunya kenyamanan itu didapat dengan fasilitas kursi yang beda dari PO lain, emang sih tingkat kenyamanan tiap orang berbeda, jadi bisa aja lain penilaiannya. Biasanya bus yang dikenal dengan kursinya yang nyaman, jalannya biasa aja atau santai, kalo orang bilang, "banter itu bonus". Bahkan beberapa orang sengaja naik bus tersebut dengan alasan supaya sampai di tujuan ga terlalu pagi, karena berangkatnya yang juga biasanya paling terakhir. Hehehe..

Apa aja sih bus AKAP yang kursinya beda dari PO yang lain..

1. PO Mulyo Indah


Eksterior kelas eksekutif Mulyo Indah. Sumber gambar

Pertama ada PO Mulyo Indah, PO berplat "AD" ini dikenal dengan fasilitas double legrest pada kursinya, tapi adanya cuma di kelas Eksekutif aja, unutk fasilitas lainnya standar eksekutif lainnya lah, ga semewah di postingan sebelumnya. Kelas Eksekutif ini melayani trayek Bogor - Jakarta - Semarang - Jogja - Solo dan Bogor - Jakarta - Semarang - Salatiga - Solo, tarif normalnya Rp 235.000.
Seat double legrest kelas eksekutif Mulyo Indah. Sumber gambar

2. PO Raya


Eksterior kelas eksekutif 24 Raya. Sumber gambar

Selanjutnya ada PO Raya, PO yang masih mengoperasikan armada lawasnya baik chassis, body bahkan AC-nya untuk jalan regulerhingga saat ini. Biar pun lawas tapi tetap terawat, kalo kata orang sih, "Dangerously Comfortable Coach". Hal yang membuat PO Raya menjadi istimewa karena kursi yang digunakan yaitu bekas kursi pesawat. Untuk kelas Eksekutif kursi DC-9 dengan konfigurasi 2-2 dan kelas Super Top konfigurasi 1-2 menggunakan kursi DC-10. Bus ini melayani trayek Jakarta - Solo - Gemolong/Matesih dengan tarif Rp 210.000 - Rp 240.000 untuk Eksekutif dan Rp 280.000 untuk Super Top. Untuk fasilitasnya standar bus malam Eksekutif gan, tapi beberapa unitnya ada yang tanpa fasilitas TV gan, cocok untuk yang ingin fokus istirahat.
Seat DC-9 kelas Eksekutif PO Raya. Sumber gambar.

Seat DC-10 kelas Super Top PO Raya. Sumber gambar

Seat DC-10 kelas Super Top PO Raya. Sumber gambar

3. PO Nusantara


Eksterior PO Nusantara NS 99. Sumber gambar

Berikutnya ada PO. Nusantara gan, sepengetahuan TS ini pelopor bus yang menggunakan elctric seat gan, di tahun 2011, barangnya pun diimpor dari Thailand. Dipake di Nusantara kode trayek NS 99, Bandung - Semarang - Kudus dengan nama kelas "Signature Class" konfigurasi seat 1-2. Kalo sekarang-sekarang ini udah mulai banyak bus yang menggunakan electric seat, buatan dalam negeri dan udah ada AVOD-nya juga
Electric seat NS 99 PO Nusantara. Sumber gambar.

4. Sumber Group ATB


Eksterior Sumber ATB. Sumber gambar
Sumber Group ATB yang dikenal ngebut ternyata juga memperhatikan kenyamanan penumpangnya gan. Kenyamanan posisi duduk selama perjalanan. Owner Sumber Group memesan khusus kursinya dengan desain-nya sendiri. Sandaran kursi dibuat lebih miring dengan sudut 108 derajat. Konon katanya ini seat ternyaman dikelasnya, ATB. Tarif terjauh Surabaya - Semarang Rp 64.000, Surabaya - Jogja Rp 57.000 dan Surabaya - Wonogiri Rp 52.000

Seat Sumber ATB. Sumber gambar


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment