Thursday, August 9, 2018

Heboh! Bus Kelas Non-AC Pakai Chassis Tronton Scania

PO Bintang Utara Putra. Sumber
Apa sih yang kalian bayangkan kalau denger bus Kelas Ekonomi? Panas (tanpa AC), padat, kursi sempit, bus tua, kotor d.l.l

Eh bus ekonomi gak selamanya gitu juga sih, kalo di Jawa Timur sendiri ada Kelas Ekonomi AC atau yang biasa dikenal dengan ATB (AC Tarif Biasa).

Tapi yang akan dibahas kali ini yaitu bus Kelas Ekonomi yang beda dari yang lain. Bus ini diberi nama Kelas Ekonomi Luxury, iya bus ekonomi non-AC tapi dengan fasilitas yg luxury selayaknya bus Super Eksekutif. Bus ini menggunakan chassis premium yakni Mercedes-Benz OC500RF 2542, chassis tronton alias 3 sumbu roda. Umumnya chassis premium ini digunakan untuk bus Kelas VIP, Eksekutif hingga Super Eksekutif.. ya minimal ber-AC lah, tapi uniknya kali ini chassis premium tersebut digunakan untuk kelas ekonomi non-AC alias kaca geser.

Interior Ekonomi Luxury. Sumber
PO Bintang Utara Putra yang bermarkas di Medan ini merupakan PO yang memberikan layanan Ekonomi Luxury tersebut. Unitnya menggunakan body buatan karoseri asal Malang yakni Tentrem dengan model Avante SHD.

Kursi baris terdepan. Sumber
Berdasar video dan foto yang telah beredar, di bagian interior bus ini menggunakan kofigurasi kursi 1 - 2 untuk beberapa baris terdepan yang dilengkapi legrest, sepertinya sih juga ada usb port untuk mengisi daya gawai di tiap kursinya dan sisa di belakangnya konfigurasi 2 - 2. Denger-denger sih konfigurasi ini berlaku hanya untuk keperluan pameran aja, setelah itu pakai konfigurasi full 2 - 2. Kursi yang digunakan berlabel Hai produksi Rimba Kencana.

Untuk display pameran GIIAS 2018. Sumber
Meskipun non-AC, bus ini tetap menyediakan smoking room, jadi buat penumpang yang perokok, masih bisa merokok tanpa mengganggu kenyamanan penumpang lain. Selanjutnya ada juga fasilitas toilet, yang pasti sih toilet di bus cuma bisa untuk buang air kecil aja dari segi hiburan dilengkapi dua LED TV.

Bus ini juga jadi peserta pameran di GIIAS 2018. Belum diketahui unit Kelas Ekonomi Luxury ber-chassis tronton ini akan jalan trayek mana dan kisaran harga tiketnya berapa


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment