Saturday, October 28, 2017

Kereta Reguler Termewah di Indonesia

Kereta Wisata Priority. Sumber gambar
Udah pada tahu kan, kalo sekarang kereta api punya kelas terbaru, yaitu Kereta Wisata Priority. Sebenernya kelas ini udah mulai beroperasi untuk reguler sejak beberapa bulan lalu, berikut ini beritanya:

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Jumat (4/8/2017) PT Kereta Api (KA) Wisata yang merupakan anak perusahaan PT KAI mengeluarkan gerbong baru khusus kereta wisata prioritas. "Ini merupakan perjalanan pertama Kereta Wisata Priority. Ke depan, kita menyediakan pilihan pada pengguna yang ingin menggunakan layanan lebih, sekelas luxury, jadi kita namakan kelas priority," ujar Totok Suryono, Presiden Direktur PT KA Pariwisata, saat konferensi pers di kantor KA Wisata, Gambir, Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Kereta wisata yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk rombongan atau hanya bisa dipesan satu gerbong, kini bisa dinikmati secara personal. Tentu dengan fasilitas yang berbeda. Dalam kereta wisata prioritas ini, fasilitas kelompok didesain untuk bisa dinikmati secara pribadi. Seperti karaoke menjadi Audio Video On Demand (AVOD) di setiap seat penumpang, lalu makanan yang tadinya prasmanan dijadikan ala carte, dan fasilitas lainnya.

Dari desain kereta pun memiliki perbedaan yang mencolok dengan kereta wisata sebelumnya. Dominasi warna coklat dan emas menunjukkan eksklusif dan elegan. Direktur Operasi dan Administrasi PT KA Wisata, Sunarjo mengatakan, pelayanan yang diberikan merupakan kelas utama, di atas eksekutif, bahkan sekelas VVIP tamu kepresidenan.

"Kita betul-betul menyajikan sesuatu yang berbeda, pengalaman yang benar-benar menarik selama perjalanan, dan harapannya memberikan kesan tersendiri bagi konsumen," ujar Sunarjo. Peluncuran kereta wisata prioritas untuk pertama kali ini dengan tujuan Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta. Keduanya berlaku pulang-pergi.

Setelah peluncuran, wisatawan sudah bisa naik kereta wisata prioritas tersebut yang beroperasi tiap akhir pekan. Kereta tersebut berangkat setiap Jumat dari Jakarta dan Minggu dari Yogyakarta dan Solo.
Sebenernya PT. KAI sudah sejak lama mengeluarkan layanan kereta wisata seperti Kereta Wisata Nusantara, Kereta Wisata Toraja, Kereta Wisata Bali dan yang lainnya, tapi kereta wisata tersebut cuma bisa disewa rombongan perkereta. Dengan diluncurkannya Kereta Wisata Priority ini, menjadikannya sebagai kereta wisata yang jalan reguler dan tiketnya bisa dibeli perorangan secara online seperti memesan tiket untuk kelas lainnya yang telah lama eksis. Seperti yang udah dijelaskan diberita di atas, tentunya kereta ini memiliki fasilitas dan interior yang lebih dibanding dengan kereta eksekutif, seperti AVOD di setiap kursi, toilet yang lebih bagus, gratis servis makan, free flow teh dan atau kopi dan adanya pramugari & pramugara kereta.

Denah Kereta Wisata Priority. Sumber gambar.

Reclining seat yang juga disediakan AVOD untuk kebutuhan hiburan penumpang. Interior kabin juga terlihat dilapisi dengan ornamen kayu.
Kabin Kawis Priority. Sumber gambar

Minibar yang bisa digunakan sebagai ruang makan. Di ruang ini juga disediakan air panas untuk menyeduh kopi atau teh secara gratis.
Minibar. Sumber gambar

Minibar. Sumber gambar.

Free flow teh dan atau kopi di minibar. Sumber gambar.

Kalo untuk menu makanannya, sepertinya selalu bervariasi ya, soalnya pas TS liat trip report-nya di utube, menu makanannya berbeda dengan yang di foto.
Servis makan kereta priority. Sumber gambar.

Ini toiletnya yang terlihat bersih dan mewah, menggunakan WC duduk dan terdapat wastafel.
Toilet Kawis Priority. Sumber gambar

Kereta priority ini memiliki relasi Jakarta - Jogja - Solo PP yang jadi satu dengan rangkaian kereta Taksaka, Argo Lawu dan Argo Dwipangga dan relasi Jakarta - Surabaya Pasar Turi yang jadi satu dengan rangkaian kereta Sembrani. Kereta priority ini hanya beroperasi reguler di hari Jumat dari barat dan hari Minggu dari timur atau disesuaikan dengan kebutuhan. Tarif yang dikenakan untuk relasi Jakarta - Jogja - Solo sebesar Rp 800.000 dan untuk relasi Jakarta - Surabaya Pasar Turi sebesar Rp 900.000 yang mana tiket tersebut bisa dipesan secara online.


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment