Saturday, September 2, 2017

Serba-Serbi Hal yang Dikoleksi Penggemar Bus

Sumber gambar
Kalian punya temen yang doyan naik bus? Atau malah kalian sendiri yang doyan naik bus?

Ga musti doyan naik bus juga sih, yaa katakanlah penggemar bus..

Pasti ada aja deh hal-hal atau barang-barang yang dijadikan untuk koleksi. Memang sih untuk punya barang tersebut ga musti udah pernah naik bus, bisa aja pemberian dari orang lain. Bagi orang lain mungkin terlihat aneh, tapi bagi mereka itu bisa menjadi kebanggan tersendiri.

Hal-hal apa aja sih yang biasanya djadikan koleksi?

1. Koleksi Foto Bus

Koleksi foto bus. Link.
Ini biasanya hal yang mudah dan sederhana untuk dikoleksi. Ga perlu keluar biaya yang banyak, cukup bermodalkan kamera handphone/smartphone kita udah bisa mengabadikan suatu momen yang berkaitan dengan bus dan dijadikan koleksi. Kalo lagi berburu foto bus tetap perhatikan keselamatan yaa, jangan melakukannya di area yang dilarang.

2. Koleksi Miniatur Bus

Miniatur bus. Sumber gambar
Kalian ingin memiliki sebuah bus?

Bisaaa kok... tapi dalam versi mini alias miniatur ya. Harga miniatur bus bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, semua tergantuk dari spesifikasi, seperti material yang digunakan, pintu dan bagasi bisa dibuka, roda bisa mutar dan belok, lampu bisa nyala dan sebagainya. Semua disesuaikan dengan bajet yang dimiliki. Ada lho perkumpulan penggemar miniatur bus, namanya SIS_miniatur

Miniatur PO Rejeki Transport. Sumber gambar

Miniatur PO Harapan Jaya. Sumber gambar

3. Koleksi Merchandise Official PO

Merchandise kemeja PO Marissa Holiday. Sumber gambar
Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri kalo punya merchandise official keluaran manajemen sebuah PO apalagi kalo limited edition. Ada merchandise official yang dijual bebas ada juga yg pemberian dengan syarat atau ketentuan tertentu. Merchandise official mungkin saja menjadi sebuah bentuk apresiasi oleh pihak PO kepada pelanggannya karena setia menggunakan jasanya. Seperti dengan menukarkan beberapa tiket dengan syarat dan ketentuan tertentu bisa ditukarkan dengan gantungan kunci.

Merchandise gantungan kunci PO Bejeu. Sumber gambar

4. Koleksi Barang Berlabel PO

Kotak snack. Sumber gambar
Kalo yang ini mungkin bisa dianggap hal yang paling aneh, gimana tidak, yang dikoleksi berupa kotak snack, tissue basah dan sebagainya. Intinya sih koleksi barang-barang yang didapat sewaktu menggunakan jasa PO tersebut. Ga semua barang, tapi cuma yang ada merek PO-nya aja.

Tissue. Sumber gambar.

5. Koleksi Tiket Bus

Kumpulan tiket bus. Sumber gambar
Tiket merupakan dokumen atau tanda bukti sebagai penumpang bus, tapi selain itu juga salah satu barang yang biasa dikoleksi. Tiket bus mempunyai daya tarik tersendiri, karena desain tiket setiap PO selalu berbeda. Tiket bus juga ada jenisnya, tiket bersampul dan tiket selembaran, tiket bersampul biasanya yang menjadi tiket favorit buat dikoleksi, karena full color dan ada gambar bus-nya.

Ada beberapa PO yang memberi reward berupa 1 tiket gratis dengan menukarkan beberapa tiket dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, istilahnya BDB.

Kumpulan tiket bus. Sumber gambar

6. Koleksi Pengalaman

Kumpulan cerita perjalanan. Link.
Untuk pengalaman, bisa diperoleh dengan cara menggunakan jasa PO tersebut. Pengguna akan merasakan servis yang diberikan selama perjalanan, fasilitas yang didapat dan lain sebagainya. Biasanya mereka akan menulisnya menjadi sebuah cerita perjalanan, lumayan lho untuk dijadikan referensi dalam memilih jasa PO.

Untuk kalian yang awam dalam menggunakan jasa PO khususnya bus malam, sebelum bepergian dengan bus coba minta rekomendasi dari teman atau orang yang memiliki pengalaman, lumayan untuk menghindari/meminimalisir kena tipu-tipu dan bisa naik bus dengan servis yang memuaskan.


Simak diskusinya di Forum Kaskus, Gan!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment