Tuesday, December 20, 2016

Perusahaan Otobus dan Teknologi

Mercedes-Benz Future Bus. Source

Seiring berkembangnya teknologi, telah ada beberapa PO yang sudah mulai memanfaatkan sistem komputer dalam layanananya, seperti pembelian tiket online berbasis desktop atau pun aplikasi mobile Android. Seperti berikut ini adalah PO yang telah menerapkan pemesanan tiket online yang dapat diakses publik:

1. Bejeu : bejeu.com/tiket
2. Gunung Harta : online.gunungharta.com/booking.php
3. Kramat Djati : kramatdjati.co.id/frmDaftarKeberangkatan.aspx
4. Lorena-Karina : publiceticketing.lorena-transport.com
5. Muji Jaya : http://www.mujijayabus.com

UPDATE

6. Budiman : https://bcb.budimanbus.com/


Kemudian berikut ini adalah aplikasi mobile berbasis Android:

1. Bejeu : e-Bejeu Android
2. Kramat Djati : Kramat Djati Mobile
3. PO. Haryanto : HR Mobile App
4. Primadona : Bus Primadona


Menurut pengamatan pribadi, PO yang memiliki inovasi teknologi cukup maju yaitu Bejeu. Karena PO tersebut mengembangkan aplikasi dan layanan Internet of Things (IoT) untuk pelanggannya. Berikut adalah pejelasan singkat IoT yang dikutip dari Wikipedia:

Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan' IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.


Contoh IoT yang diterapkan seperti Bejeu Track yaitu fasilitas yang bisa melacak posisi bus berada melalui website atau aplikasi Android. Fasilitas tersebut bersifat terbuka yaitu dapat diakses oleh pelanggannya.
Bejeu Tracker


Berikutnya ada Bejeu Smart Monitor yang berisi tentang status kondisi layanan dalam bus Bejeu. Fitur tersebut digunakan hanya untuk internal petugas kantor dan manajemen saja. Oiya, ada fasilitas terbaru juga, yaitu Healthy Air yang akan memastikan kesehatan dan kenyamanan udara dalam kabin bus Bejeu.
Bejeu Smart Monitor. source


Sekian hasil pengamatan pribadi yang sepertinya kurang penting ini. Ga cuma unit bus-nya yang canggih mengikuti perkembangan teknologi, semoga aja manajerialnya pun juga melakukan hal yang sama.



Disclaimer:
Saya sendiri belom pernah mencoba layanan pesan tiket online dari semua website di atas. Maklum jarang ngline. Hehehe...




#koreksisayajikasayasalah
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment